LightwaveRF FAQ

GENERAL

Apakah Lightwave itu dan apa fungsinya?

Lightwave adalah serangkaian produk home automation yang terdiri dari sakelar dimmer, stop kontak, berbagai macam sensor dan remote pintar yang berfungsi untuk mengubah rumah Anda menjadi smarthome dengan mengotomatisasikan lampu dan peralatan listrik di seluruh rumah Anda.

Manfaat apa yang saya dapatkan dari sistem otomatisasi produk Lightwave ini?

Lampu dan peralatan listrik di seluruh rumah Anda bisa dikontrol dengan smartphone, remote, sakelar wireless, sensor gerak, sensor cahaya, sensor pintu/jendela, atau bahkan diprogram untuk bekerja sendiri sesuai jadwal yang Anda tentukan.

Bagaimana contoh penggunaan produk Lightwave di rumah untuk pemakaian sehari-hari?

Lampu teras hidup saat langit gelap, mati saat langit terang, lampu dapur hidup setiap weekdays pukul 7 pagi, weekend pukul 9 pagi, seluruh lampu di rumah kecuali lampu teras dan koridor mati pukul 12 malam. Lampu kamar mandi hidup secara otomatis saat Anda berjalan masuk dan mati secara otomatis saat Anda keluar dari kamar mandi.

Tekan satu tombol pada remote untuk mengaktifkan atmosfer cahaya remang-remang saat menonton, tekan tombol lain pada remote untuk mengembalikan atmosfer cahaya terang saat selesai menonton, tekan tombol lain pada remote untuk menghidupkan semua lampu di ruang tamu saat ada acara.

Tempelkan sakelar wireless di nakas samping tempat tidur Anda sebagai pengganti sakelar hotel tanpa tarik ulang kabel, tempelkan sakelar wireless di lantai bawah dekat tangga untuk menghidupkan lampu lantai atas sehingga Anda tidak pernah lagi meraba-raba mencari sakelar lampu saat malam hari.

Tempelkan sakelar wireless di meja dapur atau meja makan agar tidak perlu berjalan ke arah sakelar untuk mematikan atau menghidupkan lampu dapur Anda, tempelkan sakelar wireless di pintu depan untuk mematikan lampu seisi rumah dengan satu tombol saat hendak keluar rumah.

Desain produk Lightwave terlihat luar biasa, buatan manakah produk Lightwave ini?

Lightwave adalah produk buatan UK (United Kingdom).

Ada berapakah pilihan jenis tampilan sakelar dimmer Lightwave?

Untuk menyesuaikan dengan selera dan desain rumah Anda, Lightwave memberikan lima pilihan warna casing untuk produknya (sakelar dimmer, stop kontak, sakelar wireless, mood controller, motion sensor) yaitu stainless steel, chrome, black chrome, brass, dan white. Sementara untuk remote control, terdapat dua pilihan warna yaitu hitam dan putih.

Amankah menggunakan produk Lightwave di rumah terutama di Indonesia?

Sakelar dimmer dan stop kontak Lightwave dirancang untuk bekerja normal pada arus 200-240 V dan sangat aman untuk penggunaan di negara Indonesia yang memiliki arus 220 V.

Apakah produk Lightwave disertai garansi apabila terjadi kerusakan?

Semua produk Lightwave disertai garansi produk dan jasa selama 1 (satu) tahun sejak penerimaan barang oleh pelanggan. Garansi tidak berlaku apabila kerusakan fisik akibat penggunaan yang tidak normal.

Apakah pemasangan produk Lightwave sangat rumit seperti kebanyakan produk home automation sejenis?

Pemasangan produk Lightwave dinamakan retrofit, artinya Anda hanya perlu mengganti sakelar lama Anda dengan sakelar dimmer Lightwave, tanpa merenovasi ataupun tarik ulang kabel, tidak perlu ribet.

Apakah pemasangan produk Lightwave harus dilakukan pada saat merenovasi rumah?

Anda bisa memasang produk Lightwave pada rumah baru yang sedang direnovasi ataupun pada rumah yang sedang Anda tempati sekarang tanpa merenovasi atau menarik ulang kabel listrik Anda.

Saya sangat menyukai desain sakelar lampu di rumah saya sekarang, harganya sangat mahal namun tidak sepintar sakelar dimmer Lightwave, apakah ada alternatif untuk mengotomatisasikan lampu di rumah saya tanpa mengganti sakelar lampu yang sudah ada?

Ya, Anda memiliki dua pilihan alternatif lain:

  1. Menggunakan bola lampu Lightwave.
  2. Lightwave memiliki produk bola lampu pintar yang memiliki semua fungsi daripada sakelar dimmer Lightwave, sehingga Anda hanya perlu mengganti bola lampu dengan tetap menggunakan sakelar lampu yang sudah ada.
  3. Memasang inline relay Lightwave.
  4. Anda memiliki alternatif lain dengan memasang inline relay pada kabel rangkaian lampu yang tersimpan di atas plafon sehingga Anda tetap dapat mempertahankan sakelar dan bola lampu yang sudah ada.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pemasangan produk Lightwave?

Pemasangan produk Lightwave hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

Dapatkan sakelar dimmer Lightwave menggantikan saya melakukan rutinitas membosankan menghidup-matikan seluruh lampu di rumah setiap harinya?

Ya, Anda dapat membuat semua sakelar dimmer Lightwave untuk bekerja otomatis menghidup-matikan seluruh lampu di rumah dengan membuat timer untuk setiap lampu/grup lampu melalui aplikasi smartphone yang dapat diunduh secara gratis (tersedia dalam versi Android, iOS, dan Windows).

Apakah dibutuhkan sebuah pusat kendali untuk mengontrol semua aktifitas dan fungsi produk Lightwave?

Semua produk Lightwave bisa bekerja sendiri tanpa adanya pusat kendali (Lightwave Link). Lightwave Link sendiri hanya berfungsi untuk menghubungkan smartphone dengan semua lampu dan peralatan listrik di rumah agar bisa dikontrol di manapun Anda berada.

Berapakah jarak jangkauan wireless untuk produk Lightwave?

Jangkauan normal semua produk Lightwave adalah 30 meter tanpa adanya intervensi yang dapat menghalangi frekuensi sinyal Lightwave. Apabila dibutuhkan, Lightwave memiliki produk penguat sinyal agar dapat menjangkau lebih jauh.

Pemakaian listrik di rumah saya tidak bisa terkontrol, apakah ada cara untuk memantau penggunaan listrik harian saya?

Produk Energy Monitor memungkinkan untuk memantau jumlah pemakaian listrik harian Anda. Pemasangannya sangat mudah karena sifatnya juga wireless. Perlu diketahui produk Energy Monitor hanya bisa bekerja dengan adanya Lightwave Link.

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk produk Lightwave ini?

Tergantung daripada ukuran rumah dan jumlah produk yang Anda butuhkan, Anda bisa membuat lampu di sebuah ruangan berfungsi otomatis mulai dari serendah-rendahnya 1 jutaan saja.

Saya sudah memasang produk Lightwave di seluruh lantai 1 rumah saya beberapa bulan lalu, apakah memungkinkan untuk menambah produk Lightwave untuk semua ruangan di lantai 2 lagi?

Anda bebas menambah produk Lightwave di seluruh rumah Anda kapanpun juga tanpa mengganggu sistem yang sudah ada.

Saya sangat tertarik dengan produk Lightwave, bagaimana cara mendapatkannya?

Anda bisa mendapatkan produk Lightwave dari kami PT Lampjack Teknologi Indonesia sebagai satu-satunya pemegang hak distribusi di Indonesia saat ini.

Contact person:

Hadi 0853 6161 8585
Johan 0852 6128 8220
Sinar 0819 211 1688

Atau email ke: info@lampjack.com


PRODUCTS-RELATED

Apa itu sakelar dimmer dan apa perbedaan dengan sakelar lampu biasa?

Sakelar dimmer bisa menurunkan dan meningkatkan tingkat cahaya lampu (dim), misalnya bola lampu 20 W bisa diturunkan tingkat cahayanya ke level 50% untuk penghematan listrik di saat tidak dibutuhkan tingkat cahaya maksimal. Sedangkan sakelar lampu biasa hanya bisa mematikan dan menghidupkan lampu.

Apa perbedaan sakelar dimmer Lightwave dengan sakelar dimmer merk lain?

Sakelar dimmer Lightwave memiliki memori yang ketika dihidupkan akan kembali ke level lampu terakhir sebelum dimatikan, sedangkan sakelar dimmer merk lain umumnya harus menyetel kembali tingkat cahaya yang diinginkan setiap kali dihidupkan.

Apakah bola lampu akan mengalami kerusakan apabila saya terus meningkatkan tingkat cahaya melebihi batas tertinggi?

Tidak, karena tingkat cahaya lampu tidak akan bisa melebihi 100% dan akan berhenti apabila sudah mencapai batas maksimal.

Apa kelebihan stop kontak Lightwave dibanding stop kontak biasa?

Stop kontak Lightwave disertai tombol on/off serta bisa dikontrol secara bersamaan dengan sakelar dimmer via remote, sensor, dan smartphone. Stop kontak Lightwave juga bisa dikunci untuk membatasi penggunaannya pada hari dan jam tertentu.

Jika koneksi internet terputus, apakah sakelar dimmer Lightwave tetap bisa digunakan?

Sakelar dimmer Lightwave tetap bisa digunakan secara manual layaknya sakelar lampu biasa walaupun tidak terdapat koneksi internet. Bahkan semua sensor dan remote LightwaveRF juga bisa berfungsi, hanya aplikasi smartphone yang tidak bisa berfungsi ketika Anda berada di luar rumah dengan tidak tersedianya koneksi internet.

Jika terjadi pemadaman listrik, apakah sakelar dimmer dan stop kontak Lightwave tetap bisa digunakan?

Sakelar dimmer dan stop kontak Lightwave membutuhkan daya listrik untuk menghidupkan bola lampu dan peralatan listrik seperti sakelar lampu dan stop kontak pada umumnya.

Apakah saya harus mempairing ulang remote dan sensor setiap kali terjadi pemadaman listrik yang mengakibatkan sakelar dimmer Lightwave tidak mendapatkan arus listrik?

Tidak, semua pairing yang sudah dilakukan akan tersimpan di dalam memori dan tetap tersedia saat listrik menyala.

Apa kegunaan sakelar wireless sementara saya sudah memiliki sakelar dimmer Lightwave?

Sakelar wireless berfungsi layaknya remote untuk mengontrol sakelar asli, dan akan bermanfaat apabila sakelar asli Anda jauh dari tempat Anda beraktifitas biasanya. Misalnya pemasangan sakelar wireless di nakas tempat tidur memudahkan Anda mematikan lampu tanpa perlu bangkit dari tempat tidur.

Apa kelebihan lain daripada sakelar wireless?

Sakelar wireless juga bisa meningkatkan/menurunkan tingkat cahaya (dim), menggabungkan seluruh lampu dalam sebuah ruangan atau lampu-lampu tertentu dalam beberapa ruangan ke dalam satu tombol (group), dan tidak hanya terbatas pada lampu, karena juga bisa menghidupkan peralatan listrik yang tersambung ke stop kontak Lightwave juga.

Sakelar wireless menggunakan baterai jenis apa dan bisa bertahan berapa lama?

Sakelar wireless menggunakan satu buah baterai pipih (biasa digunakan pada jam tangan) yang sudah disertakan dalam paket penjualannya, dan bisa bertahan hingga 2 tahun untuk penggunaan normal.

Apa perbedaan sakelar wireless dan mood controller?

Sakelar wireless memiliki fungsi menghidupkan ATAU mematikan satu atau lebih lampu satu per satu atau sekaligus, sementara mood controller bisa menghidupkan DAN mematikan beberapa lampu sekaligus bahkan pada tingkat cahaya yang berbeda-beda sesuai kebutuhan Anda.

Apa kegunaan remote dan apa perbedaan dengan sakelar wireless?

Fungsi remote sama seperti sakelar wireless, bedanya hanya di desain bentuknya. Sementara sakelar wireless lebih cocok ditempelkan di tempat tertentu, remote lebih cocok dibawa-bawa dan dipakai layaknya remote TV atau AC.

Apa perbedaan handheld remote dan mood remote?

Handheld remote memiliki fungsi menghidupkan ATAU mematikan satu atau lebih lampu satu per satu atau sekaligus, sementara mood remote bisa menghidupkan DAN mematikan beberapa lampu sekaligus bahkan pada tingkat cahaya yang berbeda-beda sesuai kebutuhan Anda.

Bagaimana cara agar sakelar wireless, remote, dan sensor yang saya beli bisa mengontrol lampu di rumah saya?

Anda terlebih dahulu harus melakukan proses pairing untuk menghubungkan transmitter dengan sakelar dimmer Lightwave Anda yang sudah terpasang. Proses pairing sangat mudah dan hanya memakan waktu hitungan detik, sehingga dapat Anda lakukan sendiri kapanpun juga ketika ingin melakukan perubahan.

Apakah semua pairing yang sudah saya lakukan dengan sakelar wireless, remote, dan sensor akan hilang saat baterai sudah lemah atau habis?

Tidak, semua pairing yang sudah dilakukan akan tersimpan di dalam memori dan tetap tersedia setelah penggantian baterai.

Ada berapa jenis sensor dalam produk Lightwave dan apa kegunaan masing-masing?

Sensor gerak berfungsi untuk menghidupkan lampu secara otomatis ketika Anda masuk ke dalam ruangan, mematikan kembali ketika tidak ada orang lagi; sensor cahaya berfungsi untuk menghidupkan lampu secara otomatis pada saat langit gelap, mematikan kembali saat langit terang; sensor magnetik berfungsi untuk menghidupkan lampu ketika ada pintu atau jendela yang terbuka.

Contact Us.